8 Cara Merawat Motor Matic Injeksi Yang Selama Ini Dihiraukan

Cara Merawat Motor Matic – Informasi mengenai cara merawat motor matic injeksi biar semakin awet dan tidak mudah rusak. Kita tahu bahwa saat ini kendaraan roda dua maupun roda empat sudah dibekali dengan sistem injeksi. Sistem injeksi ini adalah sebuah metode pencampuran bahan bakar dengan udara pada kendaraan bermotor supaya menghasilkan pembakaran yang sempurna. Nah, injeksi ini membutuhkan perangkat bernama injector, yang mempunyai tugas menyuplai campuran antara bahan bakar dengan udara. Sistem injeksi ini merupakan teknologi penerus sistem karburator pada kendaraan bermotor. Untuk itu, hampir semua kendaraan roda dua ataupun kendaraan roda empat sudah dilengkapi dengan sistem yang bernama injeksi ini.

Lalu apa kelebihan dari kendaraan dengan sistem injeksi ini. Kelebihannya yang pertama adalah dalam proses pembakaran bahan bakar lebih sempurna. Hal ini disebabkan oleh AFR (Air Fuel Ratio) yang dihasilkan sudah sesuai dengan kebutuhan motor kalian dan bisa berubah saat terjadi perubahan suhu. Kemudian kelebihan yang kedua yaitu bisa menghemat konsumsi BBM. Memang hal ini sudah dipikirkan oleh vendor kendaraan supaya bahan bakar yang ada di bumi tidak mudah habis. Lalu yang ketiga yaitu tidak perlu repot dalam melakukan penyetelan. Apabila sistem pembakaran yang masih menggunakan sistem karburator, maka sering terjadi perubahan setelan AFR. Kemudian yang terakhir yaitu tidak perlu susah dalam melakukan servis.

Selain kelebihan dari motor matic injeksi, ada juga kelemahan pada motor matic injeksi ini. Dimulai dari kelemahan yang pertama yaitu masih sedikit bengkel yang bisa menerima servis injeksi. Kenapa bisa begitu? Karena dalam hal servis injeksi dibutuhkan alat khusus untuk mengetahui injektor berfungi dengan normal atau tidak. Kemudian yang kedua yaitu harga injector dan alat pendukung injector yang mahal jika rusak. Jika motor matic injeksi rusak pada injectornya, tamatlah sudah. Lalu yang ketiga yaitu sulit untuk dimodifikasi. Jika kalian suka balapan atau suka mengotak – atik motor, maka lupakanlah kendaraan matic injeksi untuk dimodifikasi. Dan yang terakhir yaitu sensitif terhadap perangkat kelistrikan.

Baca : 10 Tips Membeli Motor Bekas Supaya Tidak Ketipu

Setelah kita mengetahui bagaimana motor matic injeksi yang jika rusak, maka cara menservisnya susah dan mahal. Seperti halnya motor matic yamaha maupun honda yaitu honda vario, honda beat hingga yamaha mio. Maka pada kesempatan ini kami akan memberikan sedikit tips cara merawat motor matic injeksi yang mudah dan bisa kalian praktekkan. Berikut ini cara merawat motor matic injeksi:

Panaskan Mesin Motor Sebelum Dikendarai

cara merawat motor matic

Hal pertama dalam merawat motor matic injeksi yaitu selalu panaskan dulu mesin motor sebelum diguakan. Sepertinya cara yang pertama ini sering dilakukan oleh semua pengendara motor sebelum memakainya. Namun, tak sedikit pula yang suka terburu – buru dan lupa memanaskan mesin motor. Tentu kebiasaan tersebut bisa membuat mesin motor berumur pendek dan mudah rusak. Sebaiknya nyalakan mesin motor selama kurang lebih 5 menit sampai mesin sedikit panas, setelah itu baru dikendarai.

Rutinlah Ganti Oli

cara merawat motor matic

Bagi kalian yang sangat menyukai berkendara dengan motor matic injeksi. Akan lebih baik jika kalian juga suka untuk merawatnya. Seperti halnya manusia, kendaraan bermotor pun juga butuh istirahat dan asupan. Salah satunya dengan rutin ganti oli bisa membuat mesin motor kalian terjaga dan bisa bertahan lama. Kalina bisa mengganti oli jika mesin kalian sudah terasa kasar atau hitungan kilometer sudah menunjukkan jarak untuk mengganti oli. Cara ini juga bisa membuat motor matic injeksi tetap awet.

Sering Periksa Kondisi Busi dan Aki

cara merawat motor matic

Lalu cara merawat motor matic lainnya yaitu dengan sering memeriksa kondisi busi dan aki. Hal ini mungkin saja suka terlewatkan bagi kita saat berkendara. Padahal busi dan aki mempunyai fungsi yang penting dalam mesin motor. Saat kalian menyalakan mesin motor, maka busi langsung menyalakan sistem untuk menyedot bensin dan menyemprotkannya ke mesin supaya berjalan. Sedangkan aki untuk hal yang berkaitan dengan kelistrikan. Aki biasanya memiliki hidup yang cukup lama. Namun, jika aki sudah mati kalian harus segera menggantinya.

Jangan Sampai Bensin Kosong

cara merawat motor matic

Apakah kalian pernah saat mengendarai motor matic injeksi lalu mengalami bensin kosong? Jika pernah hidup kalian penuh nyali. Pada dasarnya, sistem injeksi ini sangat membutuhkan bensin saat berjalan. Jika pada tangki bensin dirasa tidak ada bensin untuk bisa disuplai ke mesin, maka konsekuensi dari hal tersebut bisa fatal. Kalau kalian selalu membiarkan tangki bensin kosong, maka bisa merusak mesin dalam jangka waktu panjang. Maka dari itu, sebelum, saat dan sesudah mengendarai motor. Pastikan kalian selalu melihat jarum penunjuk bensin pada speedometer. Jangan sampai jarum tersebut turun kebawah ke daerah yang berwarna merah.

Selalu Periksa Roler dan Ventbelt

cara merawat motor matic

Selain motor matic, seperti motor bebek tentu ada rantai penghubung antara mesin roda. Hal ini tidak ada pada motor matic, namun diganti dengan roler dan ventbelt. Hampir sama seperti motor biasa, dua komponen ini juga harus sering diperiksa untuk menghindari hal yang tidak dinginkan. Ada indikator untuk mengganti roler dan ventbelt. Jika kalian merasa tarikan motor matic saat digas terasa berat, berarti kedua komponen tersebut sudah tidak dalam kondisi bagus. Saatnya untuk mengganti kedua komponen tersebut.

Kondisikan Kecepatan Motor Supaya Selalu Stabil

cara merawat motor matic

Mungkin saat dijalanan yang lurus dan sepi kalian suka menggeber motor matic kalian dengan kecepatan penuh secara mendadak. Tahukah kalian kalau hal tersebut bisa membuat mesin motor jadi panas dan bisa memboroskan bahan bakar. Untuk itu bijaklah dalam berkendara. Selalu stabilkan kecepatan kalian supaya bisa membuat mesin tidak panas dan bahan bakar tidak mudah habis.

Sering Periksa Ruang Transmisi dan Shockbreaker

cara merawat motor matic

Mungkin kalian selalu lupa untuk sekedar mengecek ruang transmisi. Hal ini bisa saja membuat motor matic kalian tidak awet. Ya, apakah ruang transmisi tersebut kemasukan debu atau tidak. Jika dirasa ada debu yang masuk, kalian harus segera membersihkannya setelah motor mencapai 4000 KM. Lalu mengganti oli shockbreaker setiap motor matic mencapai 10000 KM. Cara ini bisa membuat motor matic kalian tetap awet.

Seringlah Servis Secara Berkala di Bengkel Resmi

cara merawat motor matic

Kemudian yang terakhir yaitu sering – seringlah menservis motor secara berkala di bengkel resmi. Ya, perlakukan motor sebagai seorang manusia. Ada saatnya motor juga mengalami kelelahan, untuk itu datangilah bengkel resmi ketika sudah waktunya kendaraan kalian minta di servis.

Nah, itulah beberapa cara merawat motor matic injeksi yang bisa kami sampaikan. Tahukah kalian kalau motor matic injeksi ini harus kita perlakukan secara istimewa. Hal ini terlihat dari bagaimana ribetnya ketika motor matic injeksi tersebut rusak. Oleh karena itu, rawatlah motor seperti kalian merawat diri kalian sendiri.