10 Tips Simple Membeli Motor Bekas Murah Berkualitas di Showroom

Tips Membeli Motor Bekas – Informasi mengenai bagaimana tips membeli sepeda motor bekas yang cocok bagi kalian dengan budget yang sesuai. Bagi yang ingin membeli sepeda motor, namun dana yang ada kurang mencukupi. Sepertinya kalian jangan patah arang karena sepeda motor bekas merupakan solusi satu – satunya. Meskipun bekas, tapi jangan remehkan yang bekas – bekas karena biasanya yang bekas itu mempunyai nilai estetika yang tinggi. Sebenarnya ada tips membeli motor bekas yang matic ataupun yang koplingan. Jika kalian sudah mengetahui tentang mesin dan bisa merasakan tarikan mesin yang bagus, mungkin akan sangat beruntung jika mendapatkan motor bekas berkualitas. Saat ini sudah banyak bermunculan model motor terbaru yang ada di pasaran. Akan tetapi, masih banyak orang yang mencari motor bekas karena dirasa masih bagus dan sesuai dengan dana yang ada.

Bagi kalian yang mungkin akan membeli motor bekas matic atau membeli motor bekas motor kopling ada tips dan cara tersendiri. Ada baiknya kalian harus cermat dan juga teliti ketika sebelum membeli. Banyak kasus penjual motor bekas yang dengan sengaja mencurangi pelanggannya guna mendapatkan keuntungan yang berlipat – lipat. Tapi tenang saja, pada kesempatan kali ini akan kami sampaikan beberapa tips membeli motor bekas yang berkualitas dan sesuai dengan budget anda. Langsung saja.

tips membeli motor bekas

Tips Membeli Motor Bekas

1. Tentukan Jenis Motor Yang Akan Dibeli

Yang pertama yaitu sebelum membeli motor bekas sebaiknya pilih dulu jenis motor apa yang akan kalian beli. Apakah kalian akan membeli motor matic bekas atau membeli motor kopling? Sebaiknya sebelum datang ke showroom tentukan pilihan jenis motor dahulu supaya pas di showroom tidak berpikir terlalu lama.

BACA JUGA  8 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas Bagi Pemula Supaya Tidak Ketipu

2. Tentukan Fungsi dan Tujuan Membeli Motor Bekas

Setelah kalian menentukan jenis motor bekas apa yang akan kalian beli, jangan lupa untuk menentukan fungsi dan tujuan kalian membeli motor tersebut. Tentunya fungsi dan tujuannya haruslah baik dan bermanfaat bagi kalian ataupun orang lain. Akan lebih baik lagi jika tujuan kalian membeli motor ini untuk kegiatan usaha atau untuk diamalkan. Jika kalian sudah menentukan fungsi dan tujuan kalian membeli motor bekas, maka langkah selanjutnya mengetahui spesifikasi motor incaran kalian.

3. Ketahui Spesifikasi Motor Incaran Kalian

Nah, kalau dirasa sudah tahu fungsi dan tujuan membeli motor bekas, lalu ketahui juga spesifikasi motor incaran kalian. Sebaiknya sesuaikan juga spesifikikasi motor dengan keadaan tempat tinggal di daerah kalian. Apakah kalian tinggal di daerah yang tinggi atau di daerah yang rendah. Jika kalian tinggal di daerah yang tinggi sebaiknya belilah motor dengan spesifikasi yang mempunyai mesin yang bagus dan bandel.

4. Jangan Lupa Cek Harga Motor di Pasaran

Kalau tips satu ini cukup penting yaitu cek harga motor di pasaran. Sebelum membeli motor bekas alangkah lebih baiknya kalian riset dulu harga motor di pasaran. Takutnya harga motor yang akan kalian beli sangatlah tinggi di banding harga motor yang ada di pasaran. Itulah gunanya riset harga motor di pasaran.

BACA JUGA  8 Cara Merawat Motor Matic Injeksi Yang Selama Ini Dihiraukan

Baca juga : (Daftar Harga Mobil 10 Jutaan Murah Berkualitas Update 2017)

5. Carilah Motor Bekas di Dealer Terpercaya

tips membeli motor bekas

Datangi Dealer Terpercaya

Sebaiknya saat kalian akan membeli motor bekas, sebaiknya datangilah dealer – dealer yang terpercaya. Hal ini akan semakin mempermudah kalian andai kata motor yang kalian beli terdapat kerusakan. Selain itu, karena banyak dealer yang bertebaran dimana – mana. Tingkat persaingan akan sangat sengit dan kalian bisa memanfaatkan promo – promo yang ditawarkan di dealer tersebut. Selain mendapat harga murah, tentunya kalian juga akan mendapat motor yang berkualitas.

6. Ketahui Riwayat Kendaraan Yang Akan Dibeli

Kemudian jangan lupa sebelum membeli sepeda motor sebaiknya lihat riwayat kendaraan tersebut. Apakah motor tersebut bekas curian atau motor sitaan atau juga motor yang sedang dijaminkan. Hal ini sangatlah menjadi syarat mutlak sebelum membeli motor bekas. Jika kalian tidak mengetahui riwayat kendaraan yang akan kalian beli, maka tamatlah riwayat kalian.

7. Periksa Kelengkapan Fisik Motor Bekas Yang Akan Dibeli

Setelah mengetahui riwayat motor yang akan dibeli, maka selanjutnya periksa kelengkapan fisik motor bekas yang akan dibeli. Pertama cek dulu keadaan bodi luarnya, apakah terdapat baret – baret bekas goresan atau bekas jatuh. Hal ini bisa saja mempengaruhi harga jual. Selain itu cek juga panel spedometer, lampu dan indikator motor tersebut. Kemudian, cek juga kondisi roda dan juga mesin motor tersebut. Jika dirasa sudah semua dan kondisinya dalam keadaan baik, maka motor tersebut layak untuk anda.

BACA JUGA  Begini Cara Mudah Merawat AC Mobil Supaya Tetap Dingin dan Awet

8. Periksa Kelengkapan Surat – Suratnya

periksa surat surat kendaraan bermotor

Periksa Surat – surat Kendaraan Bermotor

Riawayat motor sudah terpercaya, Kondisi fisiknya juga masih bagus, maka selanjutnya periksa kelengkapan surat – suratnya. Hal ini merupakan tips mutlak saat membeli motor bekas, karena jika surat – surat tidak lengkap jangan mau untuk membeli motor tersebut. Semua kendaraan bermotor memang harus memiliki surat – surat yang lengkap seperti BPKB dan STNK. Periksa juga KTP dari nama yang ada di BPKB masih berlaku dan bisa digunakan untuk keperluan balik nama. Periksa juga keaslian BPKB dan STNK nya.

9. Cobalah Tes Drive!

tes drive motor

Coba Tes Drive

Setelah semua tips diatas sudah dilakukan, maka cobalah untuk mencoba merasakan motor bekas tersebut. Coba tes drive di jalanan, rasakan tarikan mesinnya. Apakah masih enak atau enggak? Tes juga saat berbelok dan juga saat mengerem. Jika kondisi mesin dirasa sudah mantap dan nyaman dikendarai, maka mulailah negosiasi dengan penjual.

10. Negosiasikan Harga Yang Dikira Cocok

Setelah riwayat, kondisi fisik dan surat – surat lengkap serta saat tes drive motor sudah oke, maka saatnya nego dengan si penjual. Sebaiknya pada saat negosiasi, usahakan dengan tenang dan jangan terburu – buru. Sebelumnya kan kalian sudah riset harga motor di pasaran, maka sesuaikan harga di pasaran atau kalau bisa harga nya di bawah pasaran.

Nah, itulah 10 tips membeli motor bekas di showroom yang cukup simpel dan bisa menjadi referensi sebelum membeli motor bekas yang murah dan bekualitas. Semoga bermanfaat.